PEMANFAATAN INTERNET PADA SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMK NEGERI 5 PALU

  • Iqbal Iqbal Universitas Tadulako
  • Mutawakkil Mutawakkil Universitas Tadulako

Abstract

Pemanfaatan Internet Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mutawakkil. Permasalahan artikel penelitian ini yaitu : Bagaimana pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, bagaimana dampak positif dan negatif pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, apa faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, menjelaskan dampak positif dan negatif pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, menjelaskan faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 5 Palu telah memanfaatkan internet dalam proses pembelajaran. Melalui smartphone, siswa mencari materi pembelajaran yang ada dalam aplikasi google dan yaoutube serta sebagai sarana komunikasi melalui WhatsApp maupun facebook. Guru dan siswa membuat group WhatsApp sebagai media bertukar informasi. internet pada smartphone bermanfaat bagi siswa sebagai sumber belajar sejarah dimana seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Dampak positif smartphone yaitu Dapat Meningkatkan Pengetahuan, Menambah Daya Ingat, MudahnyaBerkomunikasi, Kenyamanan Belajar dan Sebagai Media Hiburan atau Penghilang Stres. Adapun dampak negatifsmartphone yaitu Penyalahgunaan, Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata dan Pemborosan uang. Faktor mendukung siswa dalam memanfaatkan internet yaitu adanya samrtphone, jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh siswa serta dorongan dari guru untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar sejarah. Faktor penghambat yaitu kekurangan pada bandwith internet yang membuat akses internet sekolah menjadi lambat.

References

C. Peechapol, J.-S. S. (2018). Development of Smartphone Application Based on the Theory of Planned Behaviour to Enhance Self-Efficacy for Online Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(4), 135-151.
Cancan Firman Wilantika. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kesehatan Dan Perilaku Remaja. Studi Kebidanan.
Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.
Christine Greenhow , B. (2009). Old Communication, New Literacies: Social Network Sites as Social Learning Resources. Journal of Computer-Mediated Communication, 14(4), 1130-1161.
Gafar, A. (2008). Abdoel Gafar 1. Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 8(2), 36–43.
Herlina, H. A. (2020). Maksimalisasi Goole Dokumen Untuk Meningkatkan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 86-95.
Herlina, Acim, Misnah, & Khairunnisa, R. (2019). Need Analysis of Using Google Form For Learning. Jurnal Dikdas, 7(2), 143–150
Gowthami, S. V. (2016). Impact of Smartphone : A pilot study on positive and negative effects. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science, 2(3), 2395-3470 .
Mutawakkil & Nuraedah. (2019) Gaya Komunikasi Dosen dalam PembelajaranMahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 135-15 http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/cjik
Orrin I. Franko , T. (2012). Smartphone App Use Among MedicalProviders in ACGME Training Programs. Journal of Medical Systems, 36(5), 3135–3139.
Putra, R. M. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2015/2016 Rizka Mahendra Putra. 6(1), 13–22.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Ombak.
Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan. Prenadamedia Group.
Published
2021-06-26
How to Cite
Iqbal, I., & Mutawakkil, M. (2021). PEMANFAATAN INTERNET PADA SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMK NEGERI 5 PALU. Scolae: Journal of Pedagogy, 4(1). Retrieved from http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/85