http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/issue/feed Scolae: Journal of Pedagogy 2021-09-26T23:57:09+00:00 Rus'an rusanan.tolis@gmail.com Open Journal Systems <p>Journal of Pedagogy adalah terbtan berkala ilmiah yang diorientasikan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian maupun gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. dan jurnal berkualitas</p> http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/85 PEMANFAATAN INTERNET PADA SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMK NEGERI 5 PALU 2021-09-26T23:43:09+00:00 Iqbal Iqbal iqbalgaffar27@yahoo.com Mutawakkil Mutawakkil mutawakkil@untad.ac.id <p>Pemanfaatan Internet Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mutawakkil. Permasalahan artikel penelitian ini yaitu : Bagaimana pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, <br>bagaimana dampak positif dan negatif pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, apa faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, menjelaskan dampak positif dan negatif pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar <br>mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu, menjelaskan faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet pada smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 5 Palu telah memanfaatkan internet dalam proses pembelajaran. Melalui smartphone, siswa mencari materi pembelajaran yang ada dalam aplikasi google dan yaoutube serta sebagai sarana komunikasi melalui WhatsApp maupun facebook. Guru dan siswa membuat group WhatsApp sebagai media bertukar informasi. internet pada smartphone bermanfaat bagi siswa sebagai sumber belajar sejarah dimana seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Dampak positif smartphone yaitu Dapat Meningkatkan Pengetahuan, Menambah Daya Ingat, Mudahnya<br>Berkomunikasi, Kenyamanan Belajar dan Sebagai Media Hiburan atau Penghilang Stres. Adapun dampak negatif<br>smartphone yaitu Penyalahgunaan, Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata dan Pemborosan uang. Faktor mendukung siswa dalam memanfaatkan internet yaitu adanya samrtphone, jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh siswa serta dorongan dari guru untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar sejarah. Faktor penghambat yaitu kekurangan pada bandwith internet yang membuat akses internet sekolah menjadi lambat.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/86 MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN 2021-09-26T23:54:14+00:00 Syaifullah MS syaifullah@iainpalu.ac.id <p>Setiap unit kerja selalu berhubungan dengan masalah keuangan, demikian pula dilembaga pendidikan. Peningkatan kesejahteraan pendidikan bukanlah hal yang ringan karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, tetapi mencakup berbagai persoalan yang rumit dan kompleks, baik yang berkaitan dengan perencanaan, pendanaan, efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan sistem persekolahan.<br>Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Beberapa kegiatan manajemen keuangan yaitu memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggung jawaban.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/87 PENGARUH KESIAPAN PSIKOLOGIS DAN LAMA LATIHAN TERHADAP PRESTASI ATLET PORDA SEPAKTAKRAW DI KABUPATEN PANGKEP 2021-09-26T23:54:47+00:00 Taufik Taufik bumangnafiz@yahoo.com Fiptar Abdi Alam fiftar.alam@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan psikologis dan lama latihan terhadap prestasi atlet sepaktakraw persiapan Porda. Penelitian Ex Post Facto ini mengkaji secara sistematis dan empiris terhadap variabel-variabel secara akurat. Kesimpulan hubungan antara variabel-variabel tersebut didasarkan pada perbedaan yang menyertai variabel independen dan variabel dependen. Jumlah sampel adalah 30 atlet sepaktakraw Porda kabupaten Pangkep dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkan analisis uji chi-square terhadap 30 atlet sepaktakraw persiapan Porda kabupaten Pangkep didapatkan nilai p = 0,03 (&lt;0,05), artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan psikologis dan prestasi yang diperoleh atlet <br>sepaktakraw, (2) dari 30 atlet sepaktakraw persiapan Porda kabupaten Pangkep diperoleh p value = 0,03 (&lt;0,05), artinya ada hubungan yang signifikan antara lama latihan dan prestasi yang diperoleh atlet sepaktakraw, (3) Berdasarkan hasil penghitungan, terdapat hubungan signifikan antara variabel kesiapan psikologis dan lama latihan terhadap prestasi atlet sepaktakraw persiapan Porda kabupaten Pangkep.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/88 PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN 12 PALU 2021-09-26T23:55:19+00:00 Firdiansyah Alhabsyi firdiansyah_alhabsyi@iainpalu.ac.id Faridahtul Hasanah Faridahtul1993@gmail.com <p>Tulisan ini berkaitan dengan pengembangan sikap spiritual peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 12 Palu sangat mengutamakan pembentukan karakter Islami peserta didik, mengingat banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak moral anak bangsa, maka dari itu penanaman sikap spiritual ini sangatlah penting bagi peserta didik. Kemudian efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai bentuk upaya pengembangan sikap spiritual di SDN 12Palu, sangat signifikan dalam merubah dan membentuk kepribadian peserta didik, agar dapat merubah sikap dan perilaku belajar peserta didik.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/89 IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS 2021-09-26T23:56:00+00:00 M Iksan Kahar m_iksankahar@iainpalu.ac.id Nur Eka Wahyuningsih nurekawn01@untad.ac.id <p>Penelitian Ini difokuskan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong, rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka <br>Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menerapkan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru dan post test. Dalam menganalisis data hasil belajar pada aspek kognitif atau penguasaan konsep menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dengan menggunakan nilai post test dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan selisih nilai pertemuan pertama dan pertemuan kedua untuk melihat peningkatan hasil belajar yang memperhitungkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat terlihat dari hasil post test peserta didik pada 3 siklus, yaitu pertama, pra siklus memperoleh hasil dengan rata-rata 65,45 dan presentase ketuntasan sebesar 56,54%. Kedua, siklus 1 memperoleh hasil dengan rata-rata 72,27 dan presentase&nbsp;ketuntasan sebesar 77,27%. Ketiga, siklus 2 dengan rata-rata <br>82,27 dan presentase ketuntasan sebesar 95,27%.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/90 URGENSI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDEKATAN TEORI PETER M. BLAU (TEORI PERTUKARAN) 2021-09-26T23:56:31+00:00 Zaifullah Zaifullah zaifullahbangkir@gmail.com <p>Salah satu ciri teori pertukaran merupakan analisis hubungan social yang terjadi menurut cost and reward pada tulisan ini akan ditekankan pada pemikiran teori pertukaran Blau ditinjau dari persfektif penerapan <br>reward dan punishment disekolah, yang sangat erat kaitanya dengan peningkatan motivasi para pebelajar. Jika seseorang diperlakukan dengan baik oleh seseorang sehingga memiliki komitmen untuk memberikan balasan dengan perilaku positif melalui prilaku. Dimana komitmen bisa dianggap sebagai bentuk timbal balik sesorang employee reciprocity pebelajar terhadap apa yang mereka terima dari instutusi yang menaunginya.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/91 TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM ABAD 21 2021-09-26T23:57:09+00:00 Oyan D. Taufiq Keseng zaifullahbangkir@gmail.com <p>Perkembangan media informasi elektronik melakukan peran besar dan bahkan menentukan gaya hidup individu. Teknologi elektronik seperti komputer, faksimili dan internet telah mengubah lingkungan informasi dari lingkungan lokal menjadi lingkungan nasional dan internasional. Dalam konteks inilah pendidikan Islam harus menghasilkan sumber daya manusia tidak hanya sebagai penerima informasi tetapi juga sebagai pengguna informasi yang dapat mengelola informasi yang bermanfaat bagi kecakapan hidupnya dalam menghadapi globalisasi informasi.</p> 2021-06-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##