MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs ALKHAIRAAT KALUKUBULA KELAS VIIA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE

  • Rusmin Y Ma'bud STKIP Dampal Selatan
  • Samsul B. Liasi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal Selatan
  • Ni Komang Rollicking Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal Selatan

Abstract

The purpose of this study is to describe the application of the cooperative learning model type Think-Pair Share that can improve student learning outcomes in set operations in class VII A MTs Alkhairaat Kalukubula. This type of research is class action research which refers to the design of Kemmis and Mc. Taggart, namely planning, action, observation, and reflection. The subject of this study was VII grade A MTs Alkhairaat Kalukubula students. Data collection techniques were obtained through observation, written tests, interviews and field notes. This study consisted of two cycles, and each cycle was carried out in two meetings. The results showed that the application of the cooperative learning model type Think-Pair Share can improve student learning outcomes in set operating material in class VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula by following phases, namely: (1) giving orientation, (2) think, (3) pair, (4) share, and (5) award.

References

Arif. 2003. Pembelajaran Kooperatif: Think-Pair-Share.(Online).Hhtp://pakarif.blogspot.com/2009/08/pembelajaran-kooperatif think-pair. html(diakses 27 Januari 2012)

Depdiknas. 2004. Materi Pelatihan Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Julianti. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Pendekatan Konstektual pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SLTP IPEMS Surabaya (Online).http://digilib.unitomo.ac.id//gdl.php. (diakses tanggal 27 Januari 2012)

Nurmila. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu Dalam Menghitung Luas Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Puzzle. Skripsi tidak diterbitkan.Palu FKIP Universitas Tadulako

Ningsih. 2010. Model Pembelajaran Materi Dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta : DEPDIKNAS.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Usman. 2001. Strategi Pembelajaran Kontenporer Suatu Pendekatan Model. Palu: Tadulako University Press.

Wayan. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 8 Sindue. Skripsi tidak diterbitkan. Palu FKIP Universitas Tadulako.

Widarti, 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Luas Segitiga Menggunakan Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X E SMA Negeri 2 Palu. Skripsi tidak diterbitkan. Palu FKIP Universitas Tadulako.

Published
2019-04-11
How to Cite
Ma’bud, R., B. Liasi, S., & Rollicking, N. K. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTs ALKHAIRAAT KALUKUBULA KELAS VIIA PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(2), 161-168. Retrieved from http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/24
Section
Articles