MELEJITKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PPKn SMP DI KOTA PALU

  • Muliana Muliana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal selatan

Abstract

The existence of the Teacher and Lecturer Law will enable teachers to have a strong position like other professions, so that it is possible for pedagogical competence and teacher professional competence to increase along with the certification process that has been enacted.  The purpose of this study was to describe the level of mastery of pedagogical competence of PPKn teachers in SMP in Palu City, and to describe the level of mastery of professional competency of PPKn teachers at SMP in Palu City.  The research method used is a qualitative approach, then to obtain data in accordance with the problem, data collection techniques are done by observation, questionnaires, interviews, and documentation. Then proceed with data analysis.  The results and findings of the study show that the pedagogical competencies of PPKn teachers in junior high schools in Palu are generally classified as moderate and quite good, except for the learning aspects that educate there are some aspects that are not yet well mastered. Furthermore, the professional competencies possessed by PPKn SMP teachers in Palu City are generally quite high with some findings through questionnaires and interviews.

References

Ana Suhaenah Suparno, 2000: Membangun Kompetensi Belajar, Jakarta : Deriktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas
Arikunto, Suharsimi, 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Renika Cipta
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembeajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta: Diva Press, Cet I
Bahri, Saiful Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Renika Cipta
BPS (Biro Pusat Statistik) Indonesia Tahun 1997-2000.
Bayhaqi, 2005. Potret Pendidikan di Indonesia, Jakarta. Media Press.
Bushra Yasmin, 2009,”Trade Liberalization and the Lead Role of Human Capital and Job A tributes in Wage Determination: The Cases of Pakistan’s Labor Market”, The Lahore Journal of Economics 14 pp.1-37.
Chotimah, Husnul. 2008 Guru Ideal Abad 21. Koran Pendidikan Edisi 209/III/20-26 Mei 2008
Cholid Narbuko, 1997. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional RI. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Visimedia.
Departemen Pendidikan Nasional RI. 2008. Undang-Undang No. 14 Tahun 2006 tentang Guru dan Dosen Jakarta: Visimedia, 2008
Departemen Pendidikan Nasional, 2000. Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: tp.
Departemen Pendidikan Nasional RI. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Visimedia.
Fathurrahohman, Pupuh dan Sobry Stikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam, Bandung: PT Refika Aditama. cet III.
http://id.wikipedia.org/wiki. Diakses tanggal 27 Oktober 2012
Indra Jati Sidi, 2003. Menuju Masyarakat Belajar ; Menggagas Paradigma baru Pendidikan, Jakarta : Paramadina
Kunandar, 2007. Guru Profesional, Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Cet. 1, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 2, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Materi In-Service Program BERMUTU, Jakarta; tp.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2008. BERMUTU(Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pedoman Dana Bantuan Langsung Musyawarah Kerja Guru, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, 2001. Cet. II.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabaya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.
Mulayasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristk, dan Implementasinya, Cet. 1, Bandung : Rosda Karya
Mulayasa, E., 2005.Menjadi Guru Profesional. Mencipta¬kan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Mulayasa, E., 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung'. Rosdakarya
Muhammad Surya, 2005. Membangun Profesionalisme Guru,Jakarta ; HEPI
Mulyati, 2007, Analisis Determinan Perbedaan Kompetensi Profesional Guru SMP di Kota Surakarta, (Ditinjau dari Karakteristik Individu,Karakteristik Organisasi, dan Kebijakan Pemerintah). Tesis, Program Pascasarjana Program Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Mochtar Buchori, 1994. Pendidikan dalam Pembangunan, Cet. 1, Jakarta : IKIP Muhammidayah Press.
Nata, Abuddin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Nata, Abuddin. 2003, Manajemen Pendidikan ; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I, Jakarta : Prenada Media
Nana Sudajana, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. 4, Bandung : Sinar Baru Algensindo
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kompetensi guru.
Roestitah, 1990. Strategi Belajar Mengajar, Cet. 1, Jakarta : Penerbit Rieneka Cipta.
Roestitah, 1986.Didaktik Metodeik, Jakarta : Bumi Aksara
Rus’an, 2012. Model-Model Pembelajaran Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Menuju Pembentukan Karakter Siswa yang Kreatif, Interaktif, Inovatif, dan Inspiratif. Bogor: Flash Book.
Ramli Najamuddin. 2005. Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan, Jakarta: Grafika
Syafruddin Nurdin, M. Basyiruddin, 2002. Guru Profesionalis dan Implementasi Kurikulum, cet. 1, Jakarta : Ciputat Press
Syaiful Bahri Djamarah, 1997. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Cet. 1, Jakarta : Bumi Aksara
Susilo, Herawati dan Husnul Chotimah. 2009. Bagaimana Menjadi Guru Masa Depan yang Cerdas dan Profesional. Malang: Surya Pena Gemilang
Sugiyono.2007. “Statistika untuk Penelitian”.Bandung.Penerbit Alfabeta
Sugiyono.2011. “Metode Penelitian Kombinasi”.Bandung.Penerbit Alfabeta
UNDP (United Nation Development Programme), 2005, Laporan Penelitian
Zamroni, 1992.Pengantar Pengembangan Teori Sosial, (Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
Published
2019-09-06
How to Cite
Muliana, M. (2019). MELEJITKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PPKn SMP DI KOTA PALU. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 198-209. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i1.30
Section
Articles