MEMBANGUN SUASANA AKADEMIK MAHASISWA STKIP DAMPAL SELATAN MELALUI DISKUSI DI LUAR KELAS

  • Zaifullah Zaifullah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
Keywords: Suasana Akademik, Diskusi di Luar Kelas

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk membangun kesadaran komunitas akademik Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Guru Dampal Selatan (STKIP) tentang pentingnya membangun suasana akademik di lingkungan tersier , salah satunya dimulai dengan siswa melalui membuat forum diskusi di luar kelas. Dalam Berbeda dengan organisasi baim dibentuk oleh mahasiswa dari program studi atau lembaga pendidikan tinggi yang cenderung lebih formal karena mereka memiliki diskusi manajemen forum struktural di luar kelas, ini adalah fasilitas yang dapat dibuat sebagai tempat untuk kritis membangun siswa kehidupan menuju lingkungan yang non-formal.

References

Akh. Minhaji, 2013, Tradisi Akademik di

Perguruan Tinggi Yogyakarta: SUKA

Press.312 Zaifullah: Membangun Suasana Akademik …

Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 2, Number 2, 2019: 307-312

Arief, Armai, 2002, Pengantar dan Metodologi

Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss

Nur Zazin, Gerakan Menata Mutu Pendidikan:

Teori dan Aplikasi Yogyakarta: ArRuzzMedia

Mulyasa, E, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah,

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Tukiran, et.all. (2011). Model-Model

Pembelajaran Inovasi. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa. (Bandung:

Angkasa).

-----------Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan

Tinggi.

----------- Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Published
2019-12-04
How to Cite
Zaifullah, Z. (2019). MEMBANGUN SUASANA AKADEMIK MAHASISWA STKIP DAMPAL SELATAN MELALUI DISKUSI DI LUAR KELAS. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 307-312. https://doi.org/10.56488/scolae.v2i2.71