MEMBANGUN SUASANA AKADEMIK MAHASISWA STKIP DAMPAL SELATAN MELALUI DISKUSI DI LUAR KELAS
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk membangun kesadaran komunitas akademik Lembaga Pelatihan dan Pendidikan Guru Dampal Selatan (STKIP) tentang pentingnya membangun suasana akademik di lingkungan tersier , salah satunya dimulai dengan siswa melalui membuat forum diskusi di luar kelas. Dalam Berbeda dengan organisasi baim dibentuk oleh mahasiswa dari program studi atau lembaga pendidikan tinggi yang cenderung lebih formal karena mereka memiliki diskusi manajemen forum struktural di luar kelas, ini adalah fasilitas yang dapat dibuat sebagai tempat untuk kritis membangun siswa kehidupan menuju lingkungan yang non-formal.References
Akh. Minhaji, 2013, Tradisi Akademik di
Perguruan Tinggi Yogyakarta: SUKA
Press.312 Zaifullah: Membangun Suasana Akademik …
Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 2, Number 2, 2019: 307-312
Arief, Armai, 2002, Pengantar dan Metodologi
Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss
Nur Zazin, Gerakan Menata Mutu Pendidikan:
Teori dan Aplikasi Yogyakarta: ArRuzzMedia
Mulyasa, E, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah,
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran, et.all. (2011). Model-Model
Pembelajaran Inovasi. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa. (Bandung:
Angkasa).
-----------Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan
Tinggi.
----------- Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.