ANALISIS PERBANDINGAN TEACHER CENTERED DAN LEARNER CENTERED
Abstract
Dalam dunia pendidikan, paradigma lama mengenai proses belajar mengajar dimulai dengan teori atau asumsi "Tabula Rasa" karya John Locke yang mengatakan bahwa pikiran seorang anak seperti kertas kosong dan siap untuk menunggu coretan gurunya. Dengan kata lain, otak anak seperti botol kosong yang siap diisi dengan semua pengetahuan dan kebijaksanaan seorang guru master. Berdasarkan asumsi ini, jumlah guru yang melakukan kegiatan belajar mengajar, antara lain yaitu 1) mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Tugas seorang guru adalah memberi. Dan tugas seorang siswa adalah menerima. Guru memberikan informasi dan mengharapkan siswamenghafal dan mengingatnya. 2) Isi botol kosong dengan sepengetahuan. Siswa adalah penerima pengetahuan pasif. The guru memiliki pengetahuan yang akan diingat oleh siswa. 3) Kotak siswa. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan nilai dan menempatkan siswa dalam kategori, siapa yang berhak atas kelas, siapa yang tidak lulus, siapa yang bisa lulus, dan siapa yang tidak. Kemampuan dinilai berdasarkan peringkat dan siswa dikurangi menjadi angka. Berdasarkan beberapa kekurangan dari pembelajaran yang berpusat pada guru yang disebutkan di atas, hal itu dapat membuat anak menjadi pasif, tidak berani mengatakan perasaannya, verbalisme, sakit mental, rendah diri, rendah diri, tidak kritis, dan tidak produktif. Karena itu, pendekatan yang berpusat pada siswa, peran guru adalah membantu siswa menemukan fakta, konsep, atau prinsip untuk diri mereka sendiriReferences
Agriawn. 2001. Belajar yang Menyenangkan
Sebuah Prosedur. Jakarta: Gema Media.
A, Kuntoro. 1999. Manajemen Pengajaran Secara
Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Mohammad. 1998. Konsep dan Penerapan
CBSA dalam Pengajaran. Bandung: P.T.
Sarana Panca Karya.
Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan
Melalui Problem Based Learning,
Bagaimana Pendidik Memberdayakan
Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta:
Kharisma Putra Utama.
Ardiana, Leo Idra. dkk. 2002. Metode
Pembelajaran “Modul Pelatihan
Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”,
Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan
Tingkat Pertama Dirjen Pendidikan Dasar
dan Menengah Departemen Pendidikan
Nasional.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi
PAKEM (Pembeajaran Aktif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta:
Diva Press, Cet I
Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di
Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya.
Cet I
Bahri, Saiful Djamarah. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Renika Cipta
Chotimah, H. 2008 Guru Ideal Abad 21. Koran
Pendidikan Edisi 209/III/20-26 Mei
DePorter, Bobby dan Mike Hernacki. 2003.
Quantum Learning, Membiasakan Belajar
Nyaman dan Menyenangkan.
Diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman.
Bandung: Kaifa. cet XVII.
DePorter, Bobby; Reardon Mark; Singer Sarah
dan Nourie. 2003. Quantum Teaching.
Diterjemahkan oleh Ary Nilandari.
Bandung Kaifa. Cet. XI
DePorter, Bobby. 1999. Quantum Bussines.
Bandung: Kaifa.
Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga
Kependidikan Departemen Pendidikan
Nasional. 2009. Bahan Belajar Mandiri
Peta Kompetensi Guru, Kepala Sekolah,
dan Pengawas Sekolah
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat
Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan
Tenaga kependidikan Kementerian
pendidikan nasional 2010, Pembelajaran
Berbasis PAIKEM. Jakarta: Tanpa Penerbit.Mujahida dan Rus’an: Analisis Perbandingan… 331
Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 2, Number 2, 2019: 323-331
Dryden, Gordon dan Vos, Jeanette. 2000.
Revolusi Cara Belajar (Bagian I dan II).
Bandung: Kaifa.
Elaine B. Johnson. 2007. Contextual Teaching
and Learning. Bandung: Mizan Learning
Center.
Fathurrahohman, Pupuh dan Sobry Stikno. 2009.
Strategi Belajar Mengajar Melalui
Penanaman Konsep Umum dan Konsep
Islam, Bandung: PT Refika Aditama. cet
III.
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in
Technical Corse (online)
Freire, Paulo. 2002. The Politic of Education:
Culture, Power, and Liberation.
Diterjemahkan oleh Agung Prihantoyo dan
Fuad Arif Fudiyartanto dengan Judul:
Politik Pendidikan, Kebudayaan,
Kekuasaan dan Pembebasan, Yokyakarta:
Pustaka Pelajar.