PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN

  • Idris Idris Institut Agama Islam Negeri Palu

Abstract

Pendekatan perencanaan pendidikan adalah titik tolak atau sudut pandang yang digunakan dalam proses pelaksanaan pendidikan dengan adanya langkah-langkah kegiatan yang sistematis guna mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Perencanaan pendidikan berperan dalam memberikan kejelasan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu seorang perencana pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyusun sebuah rancangan dengan menggunakan salah satu jenis pendekatan perencanaan pendidikan. Pendekatan perencanaan pendidikan tiap jenis dan jenjang pendidikan akan berbeda. Hal ini dikarenakan adanya sudut pandang yang berbeda dari setiap satuan pendidikan dalam menempuh tujuan pendidikan. Tujuan desentralisasi pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan yang ada di indonesia. Berikut fungsi-fungsi yang dapat didesentralisasikan ke sekolah agar tercapai tujuan tersebut, diantaranya yaitu: Perencanaan dan evaluasi program sekolah, pengelolaan proses belajar, pengelolaan kurikulum, pengelolaan ketenagaan, pengelolaan peralatan dan perlengkapan, pengelolaan keuangan dan lainnya.

References

Alisjahbana, Armida S. Otonomi Daerah dan Desentralisasi Pendidikan. Bandung, Universitas Padjajaran, 2000.

Cikka, Hairuddin. Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah, p-ISSN : 2623-2359 Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

e-ISSN : 2623-2340 Vol. 3, No. 1, Mei 2020, 43-52.

Published
2020-12-28
How to Cite
Idris, I. (2020). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS DESENTRALISASI PENDIDIKAN. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.83