IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS

  • M Iksan Kahar Institut Agama Islam Negeri Palu
  • Nur Eka Wahyuningsih Universitas Tadulako

Abstract

Penelitian Ini difokuskan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong, rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menerapkan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru dan post test. Dalam menganalisis data hasil belajar pada aspek kognitif atau penguasaan konsep menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dengan menggunakan nilai post test dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan selisih nilai pertemuan pertama dan pertemuan kedua untuk melihat peningkatan hasil belajar yang memperhitungkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat terlihat dari hasil post test peserta didik pada 3 siklus, yaitu pertama, pra siklus memperoleh hasil dengan rata-rata 65,45 dan presentase ketuntasan sebesar 56,54%. Kedua, siklus 1 memperoleh hasil dengan rata-rata 72,27 dan presentase ketuntasan sebesar 77,27%. Ketiga, siklus 2 dengan rata-rata 82,27 dan presentase ketuntasan sebesar 95,27%.

References

Abdul, Majid, Strategi pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.Darajat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam,Jakarta:PT. Bumi Aksara, 2008.
Depag, Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam, 2005.
Departemen Agama,Standar Kompetensi, Jakarta: 2004.
Djamrah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain, Stretategi belajar Mengajar, Jakarta : Rineka cipta, 2006.
Drajat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bina Aksara, 1996.
Hartono, Kamus Praktis Bahasa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Mudyahardjo, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2001.
Muhaimin, Et. el, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung :PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Panitia sertifikasi guru rayon XII, Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (Plpg) Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, semarang: UNNES, 2008.
Roestiyah, Didaktik Metodik, Jakarta: Bina Aksara, 1994.
Sanjaya, Wina, Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2008.
Published
2021-06-26
How to Cite
Kahar, M. I., & Wahyuningsih, N. E. (2021). IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS. Scolae: Journal of Pedagogy, 4(1). Retrieved from http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/89