INCREASING THE STUDENTS’ MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar)

  • Nashruddin Nashruddin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal Selatan
  • Putri Rahmawati Ningtyas Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal Selatan
  • Nurafiyat Ekamurti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pembelajaran Task-Based Learning (TBL) dapat meningkatkan motivasi siswa, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, dalam membaca materi bacaan bahasa Inggris. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan lembar observasi sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Jumlah subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VII-A SMP Dirgantara Makassar yang terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Strategi TBL dapat meningkatkan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik siswa dalam membaca materi bacaan bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siswa pada hasil tes siklus II (3,27) yang meningkat 21,85% dari skor rata-rata pada siklus I (2,69). Motivasi siswa sangat meningkat dibandingkan skor rata-rata siswa pada tes Diagnostik (D–Test) yang hanya 2,27. Kategori motivasi siswa pada siklus II menunjukkan bahwa tujuan penelitian telah tercapai, yaitu 17 siswa termotivasi (memperoleh skor antara 3,51 - 4,00), tujuh siswa sangat termotivasi (memperoleh skor antara 4,01 - 5,00). Penelitian ini dikategorikan berhasil dalam meningkatkan motivasi siswa dalam membaca materi bacaan bahasa Inggris

References

Asmawi, Z., & Noehi, N. (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional.

Chen, Y., & Lin, S. (2009). Exploring Characteristics for Effective EFL Teachers from the Perceptions of Junior High School Students in Tainan. STUT Journal of Humanities and Social Science, 1(2), 219-249.

Douglas, W. (2000). Principles of Language Learning and Teaching (4th ed.). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2006). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (8th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (3rd ed.). New York: Longman.

Lambert, W. E. (1972). Attitudes and Motivation in Second Language Learning. New York: Newbury House.

Li, M. (2004). A Survey of Teachers’ Attitudes towards Teaching through Tasks. Journal of Basic English Education in Language Teaching: Practice and Theory, 3(7).

Likert, R. (1970). A Technique for the Measurement of Attitudes, Archives of Psychology. In G. F. Summers (Ed.), Attitude measurement. Chicago: Pergamon.

Littlewood, W. (2000). Communicative Language Teaching. Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.

Macfarlane-Dick. (2004). Rethinking Formative Assessment in HE: A Theoretical Model and Seven Principles of Good Feedback Practice. Retrieved October, 6, 2011, from http://www.heacademy.ac.uk/assessment/ASS051D SENLEF model.doc

McMahon, A. (1994). Understanding Language Change. New York: Cambridge University Press.

Nugroho, T. (2013). Pendekatan Scientific Model dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21-40.

Nuttall, C. (2000). Teaching Reading Skills in a Foreign Language (2nd ed.). Oxford: Heinemann.

Sidik, A. N. (2010). Improving the Students’ Reading Ability by Using Teacher’s Feedback. Thesis. Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. Surakarta.

Sudjana. (1999). Metode Statistika. Bandung: Penerbit Transito

Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ur, P. (1996). A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Uzer, M. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.

Wassman, R., & Rinsky, A. L. (1993). Effective Reading in a Challenging World. New Jersey: Prentice Hall.

Willis, J. (2004). A Framework for Task-Based Learning. New York: Longman.

Winnie, P. H. (1994). International Encyclopedia of Education, Student Cognition in Learning from Teaching. Oxford: Postlewaite T. (Pergamon, UK).

Yamin, H. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2018-08-06
How to Cite
Nashruddin, N., Ningtyas, P., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’ MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.11
Section
Articles