PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif , Efektif, dan Menyenangkan)

  • Rus’an Rus’an Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
  • Syaryanto Syaryanto Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Dampal selatan

Abstract

The teaching and learning process greatly determines the improvement of the quality of education. Learning acquisition in the form of certain values and skills measured through learning processes and results. The past learning system is considered to be no longer able to sustain the overall educational goals. Therefore, efforts to innovate in the field of learning are always developed. The approach in learning that is considered relevant to answer the demands of the times is an active, creative, effective and fun approach or commonly abbreviated as PAKEM. That said, because the PAKEM approach can accommodate the demands for the development of all aspects of the child, both cognitive, affective and psychomotor.

References

Agriawan. 2001. Belajar yang Menyenangkan Sebuah Prosedur. Jakarta: Gema Media.

A, Kuntoro. 1999. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Ardiana, Leo Idra. dkk. 2002. Metode Pembelajaran “Modul Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”, Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembeajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Jogjakarta: Diva Press, Cet I

Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya. Cet I

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga kependidikan Kementerian pendidikan nasional 2010, Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Jakarta: Tanpa Penerbit.

Dryden, Gordon dan Vos, Jeanette. 2000. Revolusi Cara Belajar (Bagian I dan II). Bandung: Kaifa.

Freire, Paulo. 2002. The Politic of Education: Culture, Power, and Liberation. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoyo dan Fuad Arif Fudiyartanto dengan Judul: Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam PPPPTK untuk Program BERMUTU.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong, Surabaya: Citra Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UK Petra Surabaya.

Melvin L. Silberman. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansamedia. Cet III (Edisi Revisi),

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristk, dan Implementasinya, Bandung: Rosda Karya, Cet. 1

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nur, Muhammad dan Prima Retno Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran, Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Sagala, Syaiful. 2005 Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta, Yuma Pustaka. Cet II.

Tim MBS Unesco-Unicef. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan (Paket Pelatihan). Jakarta: Perwakilan Unesco –Unicef. 2003

Published
2018-08-06
How to Cite
Rus’an, R., & Syaryanto, S. (2018). PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif , Efektif, dan Menyenangkan). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 65-76. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.13
Section
Articles