KONSEP-KONSEP ESENSIAL DARI TEORI DAN MODEL PERENCANAAN DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Pendidikan memunculkan sumber daya manusia yang akan memegang peran penting untuk memajukan bangsa baik di bidang ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya. Baik buruknya pendidikan suatu bangsa akan berpengaruh terhadap pembangunan. Sumber daya manusia harus dikembangkan melalui proses pendidikan. Manusia merupakan pemegang peran penting dalam hal ini, posisinya sebagai objek utama haruslah digunakan dengan sebaiknya. Pendidikan dan perubahan sosial merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan sangat berkaitan antara satu dengan yang lain. Pendidikan sebagai lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial yang disebut dengan pembangunan masyarakat. Sedangkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat dirancang sesuai dengan arah perubahan, tetapi perubahan juga terjadi setiap saat tanpa dirancang karena pengaruh budaya dari luar. Pendidikan mempunyai pengaruh besar dalam pembangunan budaya, ekonomi dan politik suatu bangsa. Peran pendidikan sebagai human capital adalah sebagai wadah atau alat untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, karena pendidikan merupakan salah satu aspek yang mendukung dan mampu memberi kontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, pendidikan sangat ditekankan untuk meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia.References
La Sulo, L. S. dan Tirtarahardja, Umar. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2005.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: ArRuzz Media, 2011.
Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Grafindo, 2008.
Muhadjir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Sarasin, 1981.
Nugraha, Yahya. http:// 09.blogspot.com/2012/09/membangunsekolah-yang- berkarakter.html, 7 Juli 2021.
Pabbdja, Sardin dan R. Tillar. Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat. Jakarta: P.T. Rora Karya, 1997.
Salahudin, Anas. Pendidikan Karakter; Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa,. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.
Sauri, Sofyan. Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu, file.upi.edu/direktori/FPBS, Diakses 14 Oktober 2019.
Suryadi, Ace. Pendidikan Investasi SDM dan pembangunan, Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Balai pustaka, 1999.
Undang-Undang SISDIKNAS nomor 20 tahun 2003 BAB II pasal (3)
Wuradji. Sosiologi Pendididkan: sebuah pendekatan Soio-Antro. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi: 1998.
Copyright (c) 2020 Hairuddin Cikka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.