MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN

  • Syaifullah MS Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Manajemen Keuangan Pendidikan

Abstract

Setiap unit kerja selalu berhubungan dengan masalah keuangan, demikian pula dilembaga pendidikan. Peningkatan kesejahteraan pendidikan bukanlah hal yang ringan karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, tetapi mencakup berbagai persoalan yang rumit dan kompleks, baik yang berkaitan dengan perencanaan, pendanaan, efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan sistem persekolahan.Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya, kegiatan manajemen keuangan dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Beberapa kegiatan manajemen keuangan yaitu memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggung jawaban.

References

Diknas, Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning / CTL. Jakarta: Dikdasmen, 2002.

Kadarman, Jusuf. Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2008.

Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Romayulis, Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya : Elkaf, 2006.

Syafaruddin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Ciputat Press, 2005.

Vincent P Costa. Panduan Pelatihan untuk Mengembangkan Sekolah. Depdiknas, 2000.

Published
2021-06-26
How to Cite
MS, S. (2021). MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN. Scolae: Journal of Pedagogy, 4(1). https://doi.org/10.56488/scolae.v4i1.86