URGENSI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDEKATAN TEORI PETER M. BLAU (TEORI PERTUKARAN)
Abstract
Salah satu ciri teori pertukaran merupakan analisis hubungan social yang terjadi menurut cost and reward pada tulisan ini akan ditekankan pada pemikiran teori pertukaran Blau ditinjau dari persfektif penerapan reward dan punishment disekolah, yang sangat erat kaitanya dengan peningkatan motivasi para pebelajar. Jika seseorang diperlakukan dengan baik oleh seseorang sehingga memiliki komitmen untuk memberikan balasan dengan perilaku positif melalui prilaku. Dimana komitmen bisa dianggap sebagai bentuk timbal balik sesorang employee reciprocity pebelajar terhadap apa yang mereka terima dari instutusi yang menaunginya.References
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.
Febrianti, Silfia.2014.” Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Pt. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang) “. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) Vol. 12 No. 1 Juli 2014
Kamanto Sunarto, Pengantar Sosiologi, edisi kedua (Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI, 2000)
Novianti N,R 2011. Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa
terhadap efektivitas proses pembelajaran.
Jurnal Pendidikan MIPA. Edisi khusus.
Poloma, Margaret M. 2010. Sosiologi
Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh
problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di
SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.
http://teddykw1.wordpress.com/2008/03/01/teoripertukaran-sosial/, Diakses 9 Juni 2021
Copyright (c) 2021 Zaifullah Zaifullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.