STUDI LITERATUR PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)

  • Eva Setya Rini

Abstract

Tujuan dari tulisan ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematikapeserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini merupakan penelitian studiliteratur dengan metode pengumpulan data nya mengambil data jurnal ilmiah yang telah diterbitkan. Jurnalilmiah yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dan di identifikasi. Berdasarkan hasil analisis danidentifikasi didapatkan bahwa Pemahaman konsep pembelajaran matematika peserta didik meningkatmelalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sehingga efek nya pada hasil belajarsemakin baik, dilihat dari skor Pemahaman konsep pembelajaran matematika peserta didik yang semakinmeningkat.

References

Alam,P.P. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan Pemahaman konsep pembelajaran matematika pada peserta Didik Kelas X MAN I Baraka Enrekang. jurnal pendidikan matematika. STKIP Muhammadiyah Enrekang BSNP. 2006.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Batubara, I.H. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Maslaah Berbantuan Autograph dan Geogebra

di SMA Freemethodist Medan. Mes (Journal of Mathematics education and Science). Vol 3, No. 1. Oktober 2017

Dep. P&K, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta, Balai Pustaka, 1987

M. Nazir,. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Rini, E.S., Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu Melalui Model pembelajaran berbasis masalah (PBM) Dan Model Pembelajaran Inkuiri. E-Jurnal Mitra Sains 4, no. 2 (2016): 20–29.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana.

Zulfa, A., dkk. Peningkatan Pemahaman konsep pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta didik Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. PRISMA 2 (2019): 371-375

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jurusan Matematika: Universitas Negeri Semarang

Published
2022-03-17
How to Cite
Rini, E. S. (2022). STUDI LITERATUR PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM). Scolae: Journal of Pedagogy, 4(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v4i2.93