KONSEP MULTIDISIPLINER MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Psikologi dalam Materi Pendidikan Agama Islam)

  • Jumahir Jumahir Universitas Muhammadiyah Luwuk

Abstract

Pembelajaran Penddikan Agama Islam dapat dimaknai dengan suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari tingakah laku individu (manusia), didalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran islam dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses pendidikan. Peran dalam psikologi pendidikan dapat di simpulkan menjadi 2 : yaitu peran yang berhubungan dengan pendidik, dan pearan yang berhubungan dengan peserta didik. Beberapa peran penting psikologi dalam proses pembelajaran adalah: pertama, memahami siswa sebagai pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian, dan lain-lain. Kedua, memahami prinsip-prinsip dan teori pembelajaran. Ketiga, memilih metode-metode pembelajaran dan pengajaran

References

A. R, Shaleh. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2008

Adz-Dzaky. Psikoterapi Dan Konseling Islam, Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002

Barnadjib, Imam. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP, 1987

Bimo, W a l g i t o . Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM, 1985

Cikka, Hairuddin. Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah, p-ISSN : 2623-2359 Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran e-ISSN : 2623-2340 Vol. 3, No. 1, Mei 2020, 43-52.

D, Ancok dan Suroso, F. N. Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem- Problem Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Published
2020-12-28
How to Cite
Jumahir, J. (2020). KONSEP MULTIDISIPLINER MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Psikologi dalam Materi Pendidikan Agama Islam). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.84