KONSEP MULTIDISIPLINER MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Psikologi dalam Materi Pendidikan Agama Islam)
Abstract
Pembelajaran Penddikan Agama Islam dapat dimaknai dengan suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari tingakah laku individu (manusia), didalam usaha mengubah tingkah lakunya yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran islam dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses pendidikan. Peran dalam psikologi pendidikan dapat di simpulkan menjadi 2 : yaitu peran yang berhubungan dengan pendidik, dan pearan yang berhubungan dengan peserta didik. Beberapa peran penting psikologi dalam proses pembelajaran adalah: pertama, memahami siswa sebagai pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian, dan lain-lain. Kedua, memahami prinsip-prinsip dan teori pembelajaran. Ketiga, memilih metode-metode pembelajaran dan pengajaranReferences
A. R, Shaleh. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2008
Adz-Dzaky. Psikoterapi Dan Konseling Islam, Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002
Barnadjib, Imam. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP, 1987
Bimo, W a l g i t o . Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM, 1985
Cikka, Hairuddin. Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah, p-ISSN : 2623-2359 Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran e-ISSN : 2623-2340 Vol. 3, No. 1, Mei 2020, 43-52.
D, Ancok dan Suroso, F. N. Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem- Problem Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Copyright (c) 2020 Jumahir Jumahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.